Friday, 31 July 2015

ANEKA FUNGSI COUNT PADA EXCEL

Oleh: P. Dedy.S

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas beberapa macam FUNCTION yang berkaitan dengan penghitungan matematik dan sekilas tentang logika dalam penggunaannya di dalam Excel.

Dalam artikel ini diuraikan tentang ragam fungsi yang berkaitan dengan penghitungan, namun bukan berupa angka, melainkan data. Fungsi yang akan dibahas sekarang antara lain: COUNT, COUNTA, COUNTIF dan COUNTBLANK. Keempat fungsi ini sangat berguna dalam kaitannya dengan operasional data untuk membantu dalam sistem kalkulasi data agar lebih cepat, akurat dan tepat.




1.  COUNT

Berdasarkan pada kata COUNT, berarti fungsi ini berguna untuk melakukan penghitungan data yang berupa angka bukan menjumlahkan angka; Artinya apabila di dalam satu kolom itu terdapat 5 angka yang berbeda, maka kelima angka tersebut bukan dijumlahkan, melainkan dihitung berapa jumlah data yang berupa angka.

Statement untuk COUNT sebagai berikut:

=COUNT(Range tempat data yang akan dihitung)

Untuk lebih jelasnya perhatikan pada contoh berikut ini:

a.    Di bawah ini ada tabel yang memberikan perbedaan antara Jumlah Total dan Jumlah Total Barang.



b.    Agar angka yang terdapat tulisan “kardus” dapat dihitung, maka menggunakan cara sebagai berikut:
  • Blok seluruh data yang akan diberikan keterangan kardus.
  • Klik kanan mouse di dalam blok.
  • Pilih FORMAT CELLS
  • Pada tab NUMBER pilih CUSTOM
  • Hapus tulisan General yang di bagian atas dan ketik ## “kardus” lalu Ok 

Cara yang sama juga berlaku untuk Jumlah Total Barang.

c.    Pada Jumlah Total menggunakan Fungsi atau Rumus SUM, dengan cara =SUM(C2:C7)
d.    Pada Jumlah Total Barang menggunakan Fungsi atau Rumus COUNT, dengan cara =COUNT(C2:C7)

Dari kedua rumus atau Fungsi tersebut dengan jelas dapat dilihat perbedaannya. Kalau SUM menjumlahkan, sedangkan COUNT menghitung bukan menjumlahkan.


2.    COUNTA

COUNTA merupakan kebalikan dari COUNT. Kalau COUNT hanya menghitung data yang berupa angka, sedangkan COUNTA menghitung data berupa angka dan teks. Jadi, kalau dalam satu kolom terdapat data yang berisi angka dan teks, maka dengan penggunaan fungsi COUNTA, maka seluruh data yang terdapat pada kolom akan dihitung semua.

Statement untuk COUNTA sebagai berikut:

=COUNTA(Range tempat data yang akan dihitung)

Untuk lebih jelasnya perhatikan pada contoh berikut:


Pada tabel di atas ditambahkan kolom Kode Barang yang fungsinya memberikan kemudahan bagi penjual dalam melakukan klasifikasi barang. Dengan menggunakan fungsi atau rumus COUNTA, maka dengan mudah akan memperoleh data barang yang berkode dan tidak berkode.
Kode fungsi yang digunakan pada Jumlah Barang dengan Kode adalah =COUNTA(B2:B7)


3.    COUNTBLANK

Sesuai dengan namanya COUNTBLANK, berarti digunakan untuk menghitung data yang sama sekali kosong. Dengan menggunakan kode ini akan sangat membantu bagi penjual untuk menganalisa jumlah stok barang yang sudah mengalami kekurangan bahkan kehabisan, sehingga dapat diupahkan penyetokan barang kembali.

Statement untuk COUNTBLANK sebagai berikut:

=COUNTBLANK (Range tempat data yang akan dihitung)

Berikut contoh cara penggunaan COUNTBLANK pada pembukuan dalam mendapatkan data yang kosong.



Mula-mula menentukan letak posisi yang menjelaskan tentang stok yang kosong; selanjutnya pada posisi tersebut digunakan fungsi atau rumus seperti berikut ini =COUNTBLANK(D2:D7)


4. COUNTIF

COUNTIF digunakan untuk menghitung data dengan kriteria tertentu. Kriteria dapat berupa angka maupun teks. Untuk membedakan penggunaan angka dan teks sebagai berikut: untuk angka tanpa diapit tanda kutip, sedangkan untuk teks harus diapit dengan tanda kutip.

Statement atau rumus untuk COUNTIF sebagai berikut:

=COUNTIF(Range tempat data yang akan dihitung;kriteria)

Agar menjadi lebih jelas perhatikan tabel dan penjelasan berikut ini:



Pada tabel di atas dibuat jenis barang dengan didasarkan pada tipe barang tersebut. Maka dengan menggunakan fungsi atau rumus COUNTIF, rekapitulasi dari jenis barang yang kita lakukan dapat dengan mudah dilakukan. Penyelesaian untuk rekapitulasi dari jenis barang adalah =COUNTIF($D$2:$D$8;D13)

Rumus di atas didapat dengan cara:

  • Mengetikan pada kolom E baris 13 =COUNTIF(
  • Dilanjutkan dengan menyorot sebuah range dari kolom D baris 2 sampai kolom D baris 8 lalu menekan tombol F4, maka menjadi $D$2:$D$8, artinya range tersebut dibuat menjadi default.
  • Lalu ketik tanda titik koma(;)
  • Karena untuk kriteria sudah ditentukan, maka usai tanda titik koma dilanjutkan cukup dengan mengklik kriteria yang terdapat pada kolom D baris 13 diakhiri dengan tanda tutup kurung lalu tekan tombol Enter.
  • Selanjutnya tinggal menarik ke bawah rumus tersebut.


Selamat Mencoba


No comments:

Post a Comment