PEMBUKUAN PRIBADI SEDERHANA
CERDAS FINANSIAL
Oleh: P. Dedy. S
Dalam kehidupan setiap orang tentunya memiliki kebutuhan-kebutuhan, salah satunya adalah kebutuhan ekonomis. Banyak hal dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomis, misalnya: kerja, usaha, dagang dan sebagainya. Namun yang kerap kali terjadi adalah bagaimana kita mengelola keuangan kita.
Bagi yang memiliki dana lebih, tentunya dapat menabung untuk hari tua, tapi bagaimana dengan mereka yang pendapatan kesehariannya sangat minimalis. Tentunya betapa sulit untuk menabung, baru membangun niat saja untuk menabung sudah terpakai lagi keuangan yang ada. Bahkan, kerap kali keuangan yang dimiliki tidak terkontrol dengan baik, akhirnya keuangan yang ada serba menguap.
Karena masalah tersebut di atas, lahirlah artikel ini PEMBUKUAN PRIBADI SEDERHANA dalam CERDAS FINANSIAL. Aplikasi yang dipakai adalah Microsoft Excel Enterpraise 2007 SP3. Adapun caranya sebagai berikut:
A. PERSIAPAN
1. Buka Microsoft Excel Enterpraise 2007
2. Siapkan 4 (empat) tab pada bagian bawah dengan nama HOME, HARIAN, BULANAN dan TAHUNAN
3. Karena setiap worksheet tidak direncanakan untuk dicetak, maka tidak perlu membuat selebar apa pembukuan ini. Namun, apabila ingin dicetak sebagai bentuk catatan yang ingin dilihat setiap saat, maka:
a. Silahkan masuk ke PAGE LAYOUT
b. Pilih anak panah pada sudut tulisan PAGE SETUP
c. Pada Orientation pilih Landscape
d. Pada scaling bisa diatur secara pribadi
e. Paper Size pilih ukuran kertas sesuai yang dimiliki dan dikehendaki.
f. Pindah ke Tab Margins aturlah TOP, LEFT, BOTTOM dan RIGHT. Disarankan gunakan 0,1.
g. Tandai Center on Page pada Horizontal agar tabel yang dibuat berposisi di tengah dalam halaman.
h. Klik OK
4. Klik menu VIEW dan pilih PAGE LAYOUT, jangan lupa tandai ruler dan hilangkan tanda check pada Gridlines (untuk hilangkan semua garis yang tidak perlu).
5. Buatlah pengaturan ini untuk keempat tab (HOME, HARIAN, BULANAN, TAHUNAN)
B. TAB HOME
1. Kreasikan background. Dapat menggunakan INSERT SHAPES atau INSERT PICTURE atau menggunakan FILL COLOR yang terdapat pada MENU HOME.
2. Kreasikan seperti gambar di atas. Untuk teks gunakan INSERT WORD ART.
a. Setelah pilih bentuk WordArt, perhatikan di baris menu, muncul menu baru yang bernama FORMAT.
b. Pada Menu FORMAT pilih Text Fill untuk mewarnai teks.
c. Pada Menu FORMAT pilih Text Outline untuk mewarnai tepi teks.
d. Pada Menu FORMAT pilih Text Effects untuk memberikan macam-macam efek pada teks.
3. Tahap pertama sudah selesai.
C. TAB HARIAN
Bagian I
1. Kreasikan background pertama pada halaman pertama. Dapat juga seperti background berikut ini.
2. Tambahkan anak panah untuk kembali ke Tab Home
3. Untuk jumlah banyaknya tahun terserah ingin sampai batas berapa tahun
4. Kreasikan background kedua pada halaman kedua. Dapat juga seperti gambar berikut:
a. Untuk membuat tombol-tombol gunakan INSERT SHAPES lalu edit menggunakan menu FORMAT yang muncul ketika gambar tombol itu dalam kondisi aktif.
b. Pilih Shape Fill untuk memberikan warna pada gambar.
c. Pilih Shape Outline untuk memberikan warna pada garis gambar.
d. Pilih Shape Effects untuk memberikan efek pada gambar.
5. Buat anak panah untuk kembali kepada halaman pertama.
6. Kreasikan background serupa untuk tiap tahunnya.
Bagian 2
1. Kreasikan tabel seperti berikut pada halaman ketiga:
Fungsi dari tabel ini untuk membuat neraca harian, segala income dan pengeluaran yang berasal dari aktifitas seharian.
2. Kode dimasukkan secara manual berdasarkan kode yang dipakai pada Tab Bulanan yang merupakan segi pengkategorian data. Agar pada kode dapat ditulis seperti contoh: 001, 002 dan seterusnya menggunakan cara sebagai berikut:
a. Blok kolom kode yang akan dijadikan kode.
b. Klik kanan di tengah blok, lalu pilih FORMAT CELLS
c. Setelah muncul menu FORMAT CELLS, pilih NUMBER
d. Pada CUSTOM, hapus tulisan general pada type lalu ketik 000, seperti gambar berikut:
e. Klik OK
3. Masukkan rumus berikut pada kolom saldo pada baris pertama setelah tulisan saldo
=D83-E83
Artinya besar saldo ditentukan oleh besarnya penerimaan dikurangi oleh besarnya pengeluaran.
Untuk membuat format mata uang seperti Rp, caranya sebagai berikut:
a. Blok kolom yang akan diberi format mata uang.
b. Klik kanan pada blok.
c. Pilih FORMAT CELLS lalu pilih NUMBER
d. Pada tab NUMBER pilih ACCOUNTING, lalu temukan Rp Indonesia
4. Masukkan rumus berikut pada kolom saldo pada baris kedua setelah tulisan saldo
=F83+D84-E84
Artinya besar saldo ditentukan oleh besar saldo terakhir ditambahkan besar penerimaan dikurangi besarnya pengeluaran.
5. Copy rumus di atas sampai ke bawah dengan cara menarik FILL HANDLE pada kursor, maka secara otomatis setiap nilai nominal yang dimasukkan ke dalam kolom penerimaan dan pengeluaran akan terhitung secara otomatis.
6. Masukkan rumus berikut untuk baris Jumlah pada kolom penerimaan
=SUM(D83:D105)
Rumus ini untuk menjumlahkan secara total seluruh nominal yang terdapat pada kolom penerimaan. Rumus yang sama juga berlaku untuk kolom pengeluaran dengan mengcopy-nya dengan cara menarik kursor dari FILL HANDLE-nya.
7. Masukkan rumus berikut untuk kolom jumlah pada kolom saldo
=D105-E106
Artinya besar jumlah penerimaan dikurangi dengan besar jumlah pengeluaran.
8. Copy tabel tersebut untuk tabel baru yang digunakan untuk tiap bulannya.
D. TAB BULANAN
Bagian 1
1. Kreasikan background pertama untuk halaman pertama, sebagai contoh seperti gambar berikut:
2. Gunakan INSERT SHAPES, PICTURES, FILL COLOR dan WORD ART untuk membuat background.
3. Kreasikan background kedua untuk halaman kedua, sebagai contoh seperti gambar berikut:
4. Kreasikan background serupa untuk halaman yang lain
Bagian 2
1. Kreasikan tabel seperti gambar berikut:
2. Tulis kode dalam kolom kode yang akan digunakan dalam pengkategorian.
3. Tulis ragam pengkategorian pada kolom uraian.
4. Masukkan rumus berikut pada kolom penerimaan
=SUMIF(Harian!$B$83:$B$105;Bulanan!B83;Harian!$D$83:$D$105)
Rumus di atas menggunakan cara sebagai berikut:
a. Ketik =SUMIF(klik tab harian pada kolom kode bulan yang ditentukan sambil sorot kolom tersebut sampai batas yang ditentukan lalu tekan tombol F4 diikuti tanda berikut;klik kembali tab bulanan dan kembali ke tabel lalu klik kolom kode hanya pada baris awal diikuti tanda berikut;klik kembali tab harian pada kolom penerimaan sambil sorot seluruh kolom data lalu tekan tombol F4) lalu tekan tombol enter.
b. Copy rumus tersebut ke bawah sepanjang kolom dengan cara menarik FILL HANDLE.
Arti penggunaan rumus tersebut adalah data yang masuk dalam setiap kategori bulanan berasal dari jumlah data yang berasal dari rincian harian dengan berdasarkan pada setiap kode.
5. Masukkan rumus berikut pada kolom pengeluaran
=SUMIF(Harian!$B$83:$B$105;Bulanan!B83;Harian!$E$83:$E$105)
Rumus di atas menggunakan cara sebagai berikut:
a. Ketik =SUMIF(klik tab harian pada kolom kode bulan yang ditentukan sambil sorot kolom tersebut sampai batas yang ditentukan lalu tekan tombol F4 diikuti tanda berikut;klik kembali tab bulanan dan kembali ke tabel lalu klik kolom kode hanya pada baris awal diikuti tanda berikut;klik kembali tab harian pada kolom pengeluaran sambil sorot seluruh kolom data lalu tekan tombol F4) lalu tekan tombol enter.
b. Copy rumus tersebut ke bawah sepanjang kolom dengan cara menarik FILL HANDLE.
Dengan penggunaan kedua rumus ini, maka segala bentuk pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada rincian harian dijumlahkan dengan berdasarkan pada kategori.
6. Rumus pada saldo sama seperti rumus pada saldo di Tab Harian.
7. Rumus pada baris jumlah, sama seperti rumus yang digunakan pada baris jumlah yang terdapat pada Tab Harian.
8. Copy tabel yang sudah berisi rumus ke setiap halaman dalam setiap tahunnya.
E. TAB TAHUNAN
Bagian 1
1. Kreasikan background pada halaman pertama
2. Kreasikan pula background untuk halaman kedua dan halaman yang lain.
Bagian 2
1. Kreasikan tabel tahunan seperti berikut:
Tabel Tahunan ini berguna untuk memantau ekonomi keuangan dari bulan ke bulan, supaya dari waktu ke waktu makin besar atau justru sebaliknya mengalami defisit.
2. Kode dalam kolom kode diisi secara manual, termasuk kolom rincian.
3. Masukkan rumus berikut ke dalam kolom saldo Januari
=Bulanan!D83
Rumus itu didapat dengan cara:
a. Ketik = lalu klik tab bulanan dengan posisi kolom saldo awal yang ada di kolom penerimaan pada bulan tersebut
A. PERSIAPAN
1. Buka Microsoft Excel Enterpraise 2007
2. Siapkan 4 (empat) tab pada bagian bawah dengan nama HOME, HARIAN, BULANAN dan TAHUNAN
3. Karena setiap worksheet tidak direncanakan untuk dicetak, maka tidak perlu membuat selebar apa pembukuan ini. Namun, apabila ingin dicetak sebagai bentuk catatan yang ingin dilihat setiap saat, maka:
a. Silahkan masuk ke PAGE LAYOUT
b. Pilih anak panah pada sudut tulisan PAGE SETUP
c. Pada Orientation pilih Landscape
d. Pada scaling bisa diatur secara pribadi
e. Paper Size pilih ukuran kertas sesuai yang dimiliki dan dikehendaki.
f. Pindah ke Tab Margins aturlah TOP, LEFT, BOTTOM dan RIGHT. Disarankan gunakan 0,1.
g. Tandai Center on Page pada Horizontal agar tabel yang dibuat berposisi di tengah dalam halaman.
h. Klik OK
4. Klik menu VIEW dan pilih PAGE LAYOUT, jangan lupa tandai ruler dan hilangkan tanda check pada Gridlines (untuk hilangkan semua garis yang tidak perlu).
5. Buatlah pengaturan ini untuk keempat tab (HOME, HARIAN, BULANAN, TAHUNAN)
B. TAB HOME
1. Kreasikan background. Dapat menggunakan INSERT SHAPES atau INSERT PICTURE atau menggunakan FILL COLOR yang terdapat pada MENU HOME.
2. Kreasikan seperti gambar di atas. Untuk teks gunakan INSERT WORD ART.
a. Setelah pilih bentuk WordArt, perhatikan di baris menu, muncul menu baru yang bernama FORMAT.
b. Pada Menu FORMAT pilih Text Fill untuk mewarnai teks.
c. Pada Menu FORMAT pilih Text Outline untuk mewarnai tepi teks.
d. Pada Menu FORMAT pilih Text Effects untuk memberikan macam-macam efek pada teks.
3. Tahap pertama sudah selesai.
C. TAB HARIAN
Bagian I
1. Kreasikan background pertama pada halaman pertama. Dapat juga seperti background berikut ini.
2. Tambahkan anak panah untuk kembali ke Tab Home
3. Untuk jumlah banyaknya tahun terserah ingin sampai batas berapa tahun
4. Kreasikan background kedua pada halaman kedua. Dapat juga seperti gambar berikut:
a. Untuk membuat tombol-tombol gunakan INSERT SHAPES lalu edit menggunakan menu FORMAT yang muncul ketika gambar tombol itu dalam kondisi aktif.
b. Pilih Shape Fill untuk memberikan warna pada gambar.
c. Pilih Shape Outline untuk memberikan warna pada garis gambar.
d. Pilih Shape Effects untuk memberikan efek pada gambar.
5. Buat anak panah untuk kembali kepada halaman pertama.
6. Kreasikan background serupa untuk tiap tahunnya.
Bagian 2
1. Kreasikan tabel seperti berikut pada halaman ketiga:
Fungsi dari tabel ini untuk membuat neraca harian, segala income dan pengeluaran yang berasal dari aktifitas seharian.
2. Kode dimasukkan secara manual berdasarkan kode yang dipakai pada Tab Bulanan yang merupakan segi pengkategorian data. Agar pada kode dapat ditulis seperti contoh: 001, 002 dan seterusnya menggunakan cara sebagai berikut:
a. Blok kolom kode yang akan dijadikan kode.
b. Klik kanan di tengah blok, lalu pilih FORMAT CELLS
c. Setelah muncul menu FORMAT CELLS, pilih NUMBER
d. Pada CUSTOM, hapus tulisan general pada type lalu ketik 000, seperti gambar berikut:
e. Klik OK
3. Masukkan rumus berikut pada kolom saldo pada baris pertama setelah tulisan saldo
=D83-E83
Artinya besar saldo ditentukan oleh besarnya penerimaan dikurangi oleh besarnya pengeluaran.
Untuk membuat format mata uang seperti Rp, caranya sebagai berikut:
a. Blok kolom yang akan diberi format mata uang.
b. Klik kanan pada blok.
c. Pilih FORMAT CELLS lalu pilih NUMBER
d. Pada tab NUMBER pilih ACCOUNTING, lalu temukan Rp Indonesia
4. Masukkan rumus berikut pada kolom saldo pada baris kedua setelah tulisan saldo
=F83+D84-E84
Artinya besar saldo ditentukan oleh besar saldo terakhir ditambahkan besar penerimaan dikurangi besarnya pengeluaran.
5. Copy rumus di atas sampai ke bawah dengan cara menarik FILL HANDLE pada kursor, maka secara otomatis setiap nilai nominal yang dimasukkan ke dalam kolom penerimaan dan pengeluaran akan terhitung secara otomatis.
6. Masukkan rumus berikut untuk baris Jumlah pada kolom penerimaan
=SUM(D83:D105)
Rumus ini untuk menjumlahkan secara total seluruh nominal yang terdapat pada kolom penerimaan. Rumus yang sama juga berlaku untuk kolom pengeluaran dengan mengcopy-nya dengan cara menarik kursor dari FILL HANDLE-nya.
7. Masukkan rumus berikut untuk kolom jumlah pada kolom saldo
=D105-E106
Artinya besar jumlah penerimaan dikurangi dengan besar jumlah pengeluaran.
8. Copy tabel tersebut untuk tabel baru yang digunakan untuk tiap bulannya.
D. TAB BULANAN
Bagian 1
1. Kreasikan background pertama untuk halaman pertama, sebagai contoh seperti gambar berikut:
2. Gunakan INSERT SHAPES, PICTURES, FILL COLOR dan WORD ART untuk membuat background.
3. Kreasikan background kedua untuk halaman kedua, sebagai contoh seperti gambar berikut:
4. Kreasikan background serupa untuk halaman yang lain
Bagian 2
1. Kreasikan tabel seperti gambar berikut:
2. Tulis kode dalam kolom kode yang akan digunakan dalam pengkategorian.
3. Tulis ragam pengkategorian pada kolom uraian.
4. Masukkan rumus berikut pada kolom penerimaan
=SUMIF(Harian!$B$83:$B$105;Bulanan!B83;Harian!$D$83:$D$105)
Rumus di atas menggunakan cara sebagai berikut:
a. Ketik =SUMIF(klik tab harian pada kolom kode bulan yang ditentukan sambil sorot kolom tersebut sampai batas yang ditentukan lalu tekan tombol F4 diikuti tanda berikut;klik kembali tab bulanan dan kembali ke tabel lalu klik kolom kode hanya pada baris awal diikuti tanda berikut;klik kembali tab harian pada kolom penerimaan sambil sorot seluruh kolom data lalu tekan tombol F4) lalu tekan tombol enter.
b. Copy rumus tersebut ke bawah sepanjang kolom dengan cara menarik FILL HANDLE.
Arti penggunaan rumus tersebut adalah data yang masuk dalam setiap kategori bulanan berasal dari jumlah data yang berasal dari rincian harian dengan berdasarkan pada setiap kode.
5. Masukkan rumus berikut pada kolom pengeluaran
=SUMIF(Harian!$B$83:$B$105;Bulanan!B83;Harian!$E$83:$E$105)
Rumus di atas menggunakan cara sebagai berikut:
a. Ketik =SUMIF(klik tab harian pada kolom kode bulan yang ditentukan sambil sorot kolom tersebut sampai batas yang ditentukan lalu tekan tombol F4 diikuti tanda berikut;klik kembali tab bulanan dan kembali ke tabel lalu klik kolom kode hanya pada baris awal diikuti tanda berikut;klik kembali tab harian pada kolom pengeluaran sambil sorot seluruh kolom data lalu tekan tombol F4) lalu tekan tombol enter.
b. Copy rumus tersebut ke bawah sepanjang kolom dengan cara menarik FILL HANDLE.
Dengan penggunaan kedua rumus ini, maka segala bentuk pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada rincian harian dijumlahkan dengan berdasarkan pada kategori.
6. Rumus pada saldo sama seperti rumus pada saldo di Tab Harian.
7. Rumus pada baris jumlah, sama seperti rumus yang digunakan pada baris jumlah yang terdapat pada Tab Harian.
8. Copy tabel yang sudah berisi rumus ke setiap halaman dalam setiap tahunnya.
E. TAB TAHUNAN
Bagian 1
1. Kreasikan background pada halaman pertama
2. Kreasikan pula background untuk halaman kedua dan halaman yang lain.
Bagian 2
1. Kreasikan tabel tahunan seperti berikut:
Tabel Tahunan ini berguna untuk memantau ekonomi keuangan dari bulan ke bulan, supaya dari waktu ke waktu makin besar atau justru sebaliknya mengalami defisit.
2. Kode dalam kolom kode diisi secara manual, termasuk kolom rincian.
3. Masukkan rumus berikut ke dalam kolom saldo Januari
=Bulanan!D83
Rumus itu didapat dengan cara:
a. Ketik = lalu klik tab bulanan dengan posisi kolom saldo awal yang ada di kolom penerimaan pada bulan tersebut
b. Tekan tombol ENTER
4. Copy rumus tersebut dengan menarik FILL HANDLE ke bawah sampai batas kolom sebelum jumlah total penerimaan.
5. Masukkan rumus berikut untuk baris jumlah penerimaan
=SUM(D58:D67)
6. Untuk mendapatkan data pada kolom pengeluaran di bulan Januari, caranya sama seperti pada tahap di atas (no 3-5) hanya yang diklik pada kolom pengeluaran di tab bulanan. Kecuali untuk baris jumlah pada pengeluaran seperti berikut:
=SUM(D70:D79)
7. Untuk mendapatkan rumus pada tiap bulannya sama seperti dengan tahapan di atas (no. 3-6)
8. Masukkan rumus pada saldo akhir
=O68-O81
Artinya besar saldo ditentukan oleh besarnya nominal pada jumlah penerimaan akhir tahun dikurangi jumlah pengeluaran di akhir tahun.
9. Copy tabel yang sudah berisi rumus ke halaman lain untuk digunakan pada tahun-tahun selanjutnya.
10. Simpan pekerjaan
F. RELASI ANTAR TAB
Masing-masing tab akan berfungsi dengan baik hanya sekali klik bahkan memudahkan pengoperasian apabila saling terkait. Untuk mengkaitkan masing-masing tab, caranya sebagai berikut:
1. TAB HOME
a. Klik kanan pada teks HARIAN
b. Pilih Hyperlink
c. Pada kotak dialog INSERT HYPERLINK temukan file yang baru dibuat
d. Klik file yang baru dibuat lalu klik BOOKMARK. Maka akan muncul CELL REFERENCE yang berisi keempat tab yang telah dibuat (HOME, HARIAN, BULANAN, TAHUNAN).
e. Klik pada Harian, lalu OK. Selanjutnya akan kembali ke dalam kotak dialog INSERT HYPERLINK. Lalu klik OK.
f. Check apakah teks Harian ketika diklik langsung menuju ke tampilan awal BUKU HARIAN. Apabila benar, maka relasi yang dilakukan sudah benar. Jika belum ulangi langkah tersebut.
g. Lakukan hal yang sama untuk masing-masing teks seperti: BULANAN dan TAHUNAN
2. TAB HARIAN
a. Klik kanan tanda anak panah, lalu pilih HYPERLINK.
b. Setelah terbuka kotak dialog INSERT HYPERLINK, temukan file yang baru dibuat.
c. Klik file yang sudah kita buat, lalu klik pada BOOKMARK. Selanjutnya akan tampil kotak dialog yang berisi CELL REFERENCE yang berisi keempat tab.
d. Klik pada Home, lalu OK. Selanjutnya akan kembali ke kotak dialog INSERT HYPERLINK, lalu klik OK.
e. Sekarang akan membuat relasi antara menu utama dengan menu yang lain dalam satu worksheet. Sebagai contoh, kita akan membuat relasi untuk tahun 2014. Mula-mula klik kanan tahun 2014, lalu pilih HYPERLINK.
f. Setelah terbuka kotak dialog INSERT HYPERLINK, temukan file yang sudah dibuat, klik lalu pilih BOOKMARK.
g. Pada CELL REFERENCE pilih Harian, lalu OK. Maka akan kembali ke kotak dialog INSERT HYPERLINK.
h. Pada Address, ubah teks terakhir menjadi letak cell tempat menu kedua pada tab harian, contoh:
dari :Pembukuan%20Pribadi%20Sederhana.xlsx#Harian!A1
menjadi : Pembukuan%20Pribadi%20Sederhana.xlsx#Harian!A67
i. Gunakan cara yang sama untuk menghubungkan setiap tahunnya dan setiap bulannya.
3. TAB BULANAN dan TAB TAHUNAN
Adapun cara menghubungkan antara masing-masing tombol baik di dalam Tab Bulanan maupun Tab Tahunan sama seperti langkah pada pengaturan relasi pada Tab Harian.
4. Copy rumus tersebut dengan menarik FILL HANDLE ke bawah sampai batas kolom sebelum jumlah total penerimaan.
5. Masukkan rumus berikut untuk baris jumlah penerimaan
=SUM(D58:D67)
6. Untuk mendapatkan data pada kolom pengeluaran di bulan Januari, caranya sama seperti pada tahap di atas (no 3-5) hanya yang diklik pada kolom pengeluaran di tab bulanan. Kecuali untuk baris jumlah pada pengeluaran seperti berikut:
=SUM(D70:D79)
7. Untuk mendapatkan rumus pada tiap bulannya sama seperti dengan tahapan di atas (no. 3-6)
8. Masukkan rumus pada saldo akhir
=O68-O81
Artinya besar saldo ditentukan oleh besarnya nominal pada jumlah penerimaan akhir tahun dikurangi jumlah pengeluaran di akhir tahun.
9. Copy tabel yang sudah berisi rumus ke halaman lain untuk digunakan pada tahun-tahun selanjutnya.
10. Simpan pekerjaan
F. RELASI ANTAR TAB
Masing-masing tab akan berfungsi dengan baik hanya sekali klik bahkan memudahkan pengoperasian apabila saling terkait. Untuk mengkaitkan masing-masing tab, caranya sebagai berikut:
1. TAB HOME
a. Klik kanan pada teks HARIAN
b. Pilih Hyperlink
c. Pada kotak dialog INSERT HYPERLINK temukan file yang baru dibuat
d. Klik file yang baru dibuat lalu klik BOOKMARK. Maka akan muncul CELL REFERENCE yang berisi keempat tab yang telah dibuat (HOME, HARIAN, BULANAN, TAHUNAN).
e. Klik pada Harian, lalu OK. Selanjutnya akan kembali ke dalam kotak dialog INSERT HYPERLINK. Lalu klik OK.
f. Check apakah teks Harian ketika diklik langsung menuju ke tampilan awal BUKU HARIAN. Apabila benar, maka relasi yang dilakukan sudah benar. Jika belum ulangi langkah tersebut.
g. Lakukan hal yang sama untuk masing-masing teks seperti: BULANAN dan TAHUNAN
2. TAB HARIAN
a. Klik kanan tanda anak panah, lalu pilih HYPERLINK.
b. Setelah terbuka kotak dialog INSERT HYPERLINK, temukan file yang baru dibuat.
c. Klik file yang sudah kita buat, lalu klik pada BOOKMARK. Selanjutnya akan tampil kotak dialog yang berisi CELL REFERENCE yang berisi keempat tab.
d. Klik pada Home, lalu OK. Selanjutnya akan kembali ke kotak dialog INSERT HYPERLINK, lalu klik OK.
e. Sekarang akan membuat relasi antara menu utama dengan menu yang lain dalam satu worksheet. Sebagai contoh, kita akan membuat relasi untuk tahun 2014. Mula-mula klik kanan tahun 2014, lalu pilih HYPERLINK.
f. Setelah terbuka kotak dialog INSERT HYPERLINK, temukan file yang sudah dibuat, klik lalu pilih BOOKMARK.
g. Pada CELL REFERENCE pilih Harian, lalu OK. Maka akan kembali ke kotak dialog INSERT HYPERLINK.
h. Pada Address, ubah teks terakhir menjadi letak cell tempat menu kedua pada tab harian, contoh:
dari :Pembukuan%20Pribadi%20Sederhana.xlsx#Harian!A1
menjadi : Pembukuan%20Pribadi%20Sederhana.xlsx#Harian!A67
i. Gunakan cara yang sama untuk menghubungkan setiap tahunnya dan setiap bulannya.
3. TAB BULANAN dan TAB TAHUNAN
Adapun cara menghubungkan antara masing-masing tombol baik di dalam Tab Bulanan maupun Tab Tahunan sama seperti langkah pada pengaturan relasi pada Tab Harian.
Selamat Mencoba
No comments:
Post a Comment