Monday, 9 September 2013

Learning Free Pascal Part 1

Mengkreasikan Pantun dengan Free Pascal

Siapa bilang komputer hanya untuk mengetik, menggambar bahkan bermain. Komputer juga mempunyai dasar science, karena dalam bahasa aslinya komputer berarti alat untuk berhitung. Karena fungsinya yang sebagai alat hitung, maka komputer dapat dikategorikan bidang science, sehingga penggunaannya pun dapat digunakan dalam segala bidang termasuk bahasa. Dalam dunia science komputer, Free Pascal merupakan salah satu aplikasi yang masuk dalam Olympiade Science di bidang komputer.

Pada artikel ini dibicarakan bagaimana kita membuat pantun dengan Free Pascal dengan variasi warna. Berikut merupakan dasar script yang dipakai dalam Free Pascal, terutama dalam pembuatan pantun.

SEKILAS TENTANG FREEPASCAL

Program Pascal (FreePascal) terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu:

1. Nama Program
Nama program adalah hanya sekedar menuliskan judul dari program, tidak mempunyai arti apa-apa dalam proses kompilasi. Judul program dapat diikuti oleh file-file data yang berhubungan dengan program tersebut.
Pada Turbo Pascal, dapat ditambahkan klausa uses yang menunjukkan bahwa program menggunakan unit.

2. Deklarasi
Bagian ini berisi deklarasi pengenal maupun data yang dipergunakan di dalam program. Walaupun tampaknya membuang-buang waktu dan tidak berguna, namun sesungguhnya merupakan bagian terpenting dari rangka penyusunan sebuah program yang terstruktur. Struktur program sangat penting dalam pembuatan program yang panjang, karena bagian ini akan mengingatkan programmer tentang variabel, tipe data, konstanta, fungsi, prosedur yang digunakan dalam program. Selain itu, orang lain yang membaca program akan lebih dapat mengerti jalannya program dengan deklarasi ini.

3. Program utama
Program utama berisi statement. Tentang statement akan dibahas pada bab selanjutnya.

Deklarasi Program

Bagian deklarasi ada 6 macam, yaitu:

1. Deklarasi CONST
Deklarasi ini digunakan untuk mendeklarasikan nama konstanta tertentu. Nama konstanta adalah suatu pengenal (identifier) yang nilainya tidak dapat berubah dalam program.

2. Deklarasi VAR
Deklarasi ini digunakan untuk menyatakan variabel yang digunakan dalam program. Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang nilainya dapat berubah.

3. Deklarasi TYPE
Deklarasi type dipergunakan untuk menyusun suatu bentuk tipe data yang baru sebagai hasil penggabungan dari tipe-tipe yang sudah ada.

4. Deklarasi LABEL
Deklarasi label menjelaskan adanya label atau tujuan yang bisa melompatkan jalannya program dengan statement goto.

5. Deklarasi FUNCTION
Function adalah bagian dari program yang melakukan tugas tertentu dan menghasilkan suatu nilai.

6. Deklarasi PROCEDURE
Procedure adalah bagian dari program yang melakukan aksi tertentu, seringkali aksi tersebut dilakukan berdasarkan parameter.

Aturan penulisan program Pascal dan FreePascal

Suatu bahasa pemrograman selalu mempunyai aturan penulisan program. Hal ini menunjukkan konsistensi kompiler dalam melakukan proses kompilasi. Aturan pada program Pascal/ Free Pascal adalah sebagai berikut:
Program pascal/ FreePascal dapat ditulis pada kolom berapa saja dan diakhiri pada kolom berapa saja.
Antar statement / perintah dipisahkan dengan tanda ; (titik koma) Akhir dari sebuah program Pascal ditandai dengan tanda . (titik) setelah perintah END. Semua statement /perintah setelah END. tidak akan dianggap sebagai perintah. Spasi antar pengenal (identifier) diabaikan. Baris komentar diletakkan di antara tanda (* dan *) atau { dan }. Baris komentar tidak akan dieksekusi oleh komputer. Baris komentar biasanya dipergunakan untuk memberikan penjelasan-penjelasan guna memperjelas pengertian variabel atau tipe atau perintah dalam sebuah program.

Simbol (Symbols)

Pascal mengenal simbol-simbol yang dapat digunakan dalam program, yaitu:
huruf                      : A..Z , a..z
digit                       : 0..9
digit heksadesimal  : 0..9, A..F, a..f
Karakter khusus    : + - * / = < > [ ] . , ( ) : ^ @ { } $ #
Pasangan karakter : <= >= := (* *)
Selain dari karakter-karakter di atas, adalah karakter yang tidak dikenali oleh bahasa Pascal.
Kata tercadang (Reserved Words)
Kata tercadang adalah bagian dari bahasa Pascal dan tidak dapat dipakai untuk kegunaan lain dalam program (tidak dapat didefinisikan ulang). Kata tercadang ini tidaklah case sensitive, artinya for akan sama dengan FOR.

Uses Crt
Uses Crt merupakan prosedur yang pertama dalam penggunaan Turbo Pascal dan Free Pascal yang berguna untuk melakukan proses penggunaan layar sepenuhnya.

Sintaks penulisan:

USES CRT;

Begin dan End
Begin dan End merupakan awal dimulainya dan sekaligus akhir dari suatu pemograman. Jika dalam penulisan program terdapat beberapa statement, maka masing-masing menggunakan sintaks ini.

Sintaks penulisan:
BEGIN
Statement;
Statement;
….
END.

Write
Write merupakan sintaks yang memberikan standard masukan bagi free pascal sebelum melakukan proses data. Namun write juga bisa digunakan dalam proses pengeluaran dari hasil data.
Sintaks penulisan:
WRITE(‘data yang dimasukkan =’);

Read
Read merupakan sintaks yang digunakan untuk membantu freepascal dalam mengenal kode yang digunakan selama proses masukkan.

Sintaks penulisan:
READ(kode);

Writeln
Writeln merupakan sintaks yang banyak digunakan dalam proses keluaran. Dengan sintaks ini data yang telah diproses ditampilkan pada layar.
Sintaks penulisan:
WRITELN('data masukkan ',kode data);

Readln
Readln merupakan sintaks yang serupa dengan sintaks Read. Sintaks ini digunakan dalam proses keluaran bersamaan dengan Writeln namun secara otomatis membaca perintah yang telah termuat di dalamnya. Namun Readln dapat juga digunakan pada masukkan jika data masukkannya berupa string.
Sintaks penulisan:
READLN;

Clrscr
Clrscr merupakan sintaks yang digunakan untuk membersihkan layar.
Sintaks penulisan:
CLRSCR;

TEXTBACKGROUND
TEXTBACKGROUND adalah Sintaks yang berguna untuk membuat latar belakang dari tulisan maupun layar dari program yang dibuat.
Sintaks penulisannya:
TEXTBACKGROUND(warna);

TEXTCOLOR
TextColor merupakan sintaks yang berguna untuk membuat pewarnaan pada teks.
Sintaks penulisannya:
TEXTCOLOR(warna);

GOTOXY
GOTOXY merupakan sintaks yang digunakan untuk menempatkan kursor pada lokasi yang ditentukan. X merupakan posisi letak karakter pada sumbu X, demikian pula dengan Y meletakkan kursor pada posisi sumbu Y. Maka jika dituliskan secara matematik (X,Y).
Sintaks Penulisannya sebagai berikut:

GOTOXY(Nilai X,Nilai Y);


Maka untuk membuat teks berpantun yang diharapkan, dapat digunakan langkah sebagai berikut:
  1. Download Free Pascal dari blog ini juga di bagian Downloads, lalu instal.
  2. Buat folder dan berikan nama untuk pemograman yang dilakukan. contoh, D:\study\memograman\pantun
  3. Klik kanan di tempat kosong dalam folder yang dibuat dan pilih Text Documents dan berikan nama.
  4. Buka Text Documents tersebut dan simpanlah dengan nama dengan ekstensi .PAS, contoh: pantun.PAS
  5. Caranya: Klik File -> Save As -> Save As Type pilih All File, pada File name berikan nama dengan ekstensi.PAS -> Save
  6. Lalu masukkan kode berikut di bawah ini:

                  uses crt;
                       begin
                       textbackground(lightblue);
                       clrscr;
                       textcolor(yellow);
                       gotoxy(33,1);
                       writeln('Koleksi Pantun');
                       gotoxy(29,2);
                       writeln('dibuat oleh Paulus Dedy');
                       gotoxy(29,3);
                       writeln('=======================');

                       textcolor(lightcyan);
                       gotoxy(33,7);
                       writeln('Pantun Jenaka');
                       gotoxy(29,9);
                       writeln('Di sini kosong di sana kosong');
                       gotoxy(29,10);
                       writeln('Di tengah ada pohon tembakau');
                       gotoxy(29,11);
                       writeln('Bukan saya berkata bohong');
                       gotoxy(29,12);
                       writeln('Ada katak memikul kerbau');

                       textcolor(lightgreen);
                       gotoxy(33,16);
                       writeln('Pantun Teka Teki');
                       gotoxy(29,18);
                       writeln('Kalau tuan bawa keladi');
                       gotoxy(29,19);
                       writeln('Bawakan juga si pucuk rebung');
                       gotoxy(29,20);
                       writeln('Kalau tuan bijak bestari');
                       gotoxy(29,21);
                       writeln('Binatang apa tanduk di hidung?');
                       readln;
                       end.
      
         7. Simpan file kembali (tekan CTRL S)
         8. Buka file yang sudah kita buat dengan menggunakan Free Pascal, caranya, klik kanan file -> open
            with Free Pascal
         9. Klik Run
        10. Hasilnya akan nampak seperti gambar berikut ini:




No comments:

Post a Comment